Daftar Lengkap Frekuensi TV Digital di Madiun dan Sekitarnya

Pemerintah Indonesia telah resmi menghentikan siaran TV analog dan beralih ke siaran TV digital. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas gambar dan suara, serta menghemat spektrum frekuensi. Hal ini merupakan amanat dari UU Cipta Kerja yang disahkan pada tahun 2020 lalu. Berikut ini akan saya berikan daftar frekuensi televisi yang lengkap bagi kalian yang berada di wilayah Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, Trenggalek, dan sekitarnya.

A. Siaran TV Digital di Jawa Timur 9

Saat ini, ada 28 stasiun televisi yang bersiaran di wilayah Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, dan sekitarnya. Beberapa stasiun TV itu adalah: Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, NET, ANTV, VTV, TVOne, Metro TV, Magna Channel, BN Channel, Sakti TV, JTV, Jawa Pos TV, Garuda TV, SCTV, Indosiar, Moji, Mentari TV, Kompas TV, RCTI, MNCTV, GTV, INews, TVRI Nasional, TVRI Jawa Timur, TVRI World, dan TVRI Sport.

Berikut ini adalah rincian penyelenggara MUX TV digital beserta stasiun TV yang sudah mengudara di Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, dan sekitarnya (per tanggal 9 Agustus 2023).

1. 28 UHF — MUX Trans TV (Transmedia)

MUX yang berada di frekuensi 530 MHz ini berisi lima siaran TV, yaitu:
a) Trans TV
b) Trans7
c) CNN Indonesia
d) CNBC Indonesia
e) NET.

Penyelenggara multipleksing ini adalah PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV). Pemancar MUX Trans TV berlokasi di kompleks pemancar televisi kelurahan Plaosan, kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

2. 31 UHF — MUX ANTV (VIVA)

Mux yang berada di frekuensi 554 MHz ini berisi tiga siaran TV, yaitu:
a) ANTV
b) TVOne
c) VTV

Penyelenggara multipleksing ini adalah PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV). Pemancar MUX ANTV berlokasi di kompleks pemancar televisi kelurahan Plaosan, kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

3. 34 UHF — MUX Metro TV (Media Group)

MUX yang berada di frekuensi 578 MHz ini berisi tujuh siaran TV, yaitu:
a) Metro TV
b) Magna Channel
c) BN Channel
d) Sakti TV
e) JTV
f) Jawa Pos TV
g) Garuda TV

Penyelenggara multipleksing ini adalah PT Media Televisi Indonesia (Metro TV). Pemancar MUX Metro TV berlokasi di kompleks pemancar televisi kelurahan Plaosan, kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

4. 37 UHF — MUX SCTV (Emtek)

MUX yang berada di frekuensi 602 MHz ini berisi lima siaran TV, yaitu:
a) SCTV
b) Indosiar
c) Moji
d) Mentari TV
e) Kompas TV

Penyelenggara multipleksing ini adalah PT Surya Citra Televisi (SCTV). Pemancar MUX SCTV berlokasi di kompleks pemancar televisi kelurahan Plaosan, kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

5. 40 UHF — MUX GTV (MNC)

MUX yang berada di 626 MHz ini berisi empat stasiun TV, yaitu:
a) GTV
b) RCTI
c) MNCTV
d) iNews

Penyelenggara multipleksing ini adalah PT Global Informasi Bermutu (GTV). Terdapat dua lokasi pemancar untuk MUX GTV. Pemancar pertama berlokasi di kompleks pemancar televisi kelurahan Plaosan, kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Pemancar kedua berada di kelurahan Kelutan, kecamatan Trenggalek, kabupaten Trenggalek.

Baca Pula:  Bagaimana Cara Menonton TV Digital Terestrial?

6. 43 UHF — MUX TVRI

MUX yang berada di frekuensi 650 MHz ini berisi empat siaran TV, yaitu:
a) TVRI Nasional
b) TVRI Jawa Timur
c) TVRI World
d) TVRI Sport

Penyelenggara multipleksing ini adalah Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI). Ada dua pemancar di wilayah Jatim 9 yang sudah bersiaran digital. Pemancar pertama berada di Cemoro Sewu, desa Ngancar, kecamatan Plaosan, kabupaten Magetan. Sedangkan yang kedua di Gunung Pandan, desa Klangon, kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

B. Infografik Daftar TV Digital Jawa Timur 9

Berikut ini kami sajikan daftar TV digital di atas dalam bentuk infografik agar lebih mudah dipahami (diperbarui 9 Agustus 2023).

Televisi digital di Madiun dan sekitarnya bersiaran dalam enam multipleksing (alias MUX), seperti yang tertulis di atas. Menurut Permenkominfo No. 6/2019 kanal yang disediakan untuk wilayah Jawa Timur 9 adalah 28, 31, 34, 37, 40, dan 43.

Kanal-kanal di atas sama dengan wilayah Jawa Tengah 2 (Blora dan sekitarnya) sehingga timbul interferensi (bentrok frekuensi). Semoga Kementerian Kominfo memperbaiki atau mengubah kanal tetap dari dua wilayah ini agar tidak bentrok.

C. Cara Menonton Siaran TV Digital

Siaran TV digital terestrial hanya bisa ditangkap oleh pesawat TV yang sudah memiliki tuner DVB-T2. Jika televisi Anda belum mendukungnya, maka Anda tidak perlu khawatir. Cukup tambahkan STB DVB-T2 yang bisa dibeli dengan harga rata-rata sekitar dua ratus ribu rupiah. Mereknya pun bermacam-macam, di antaranya Skybox, Rinrei, Evinix, Polytron, Venus, Visat, Tanaka, Matrix, Advance, dan lain sebagainya.

Selain menambahkan dekoder, opsi lainnya adalah dengan membeli televisi baru yang sudah mendukung teknologi digital terestrial T2. Rata-rata televisi hasil produksi sekarang sudah mendukung teknologi digital ini. Satu lagi yang Anda butuhkan, yaitu antena UHF.

Jadi, bagi masyarakat di daerah eks-Karesidenan Madiun dan sekitarnya, yang perangkat TV-nya belum digital, tidak usah bingung karena Anda masih bisa menyaksikan siaran TV secara gratis. Lengkapilah perangkat TV Anda dengan STB yang bisa dibeli di toko-toko elektronik, baik secara offline maupun online.

Demikianlah artikel tentang “Daftar Siaran TV Digital di Madiun, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi”. Semoga dapat membantu dalam mengetahui daftar siaran TV. Anda bisa bergabung ke grup Facebook “TV DIGITAL JATIM 9” untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan berkomentar di bawah.

175 komentar untuk “Daftar Lengkap Frekuensi TV Digital di Madiun dan Sekitarnya”

  1. Di daerah kami di kecamatan Singgahan Tuban mux 31 , ANTV , TV ONE , VTV sinyal / jaringan tidak stabil hilang hilang timbul karena kekuatan sinyal dan frekwensi sinyal rendah mohon di perbaiki agar kami bisa menerima siaran tv di gitalnya . Terima kasih

  2. Di tempatku sinyal tv tvri jawa timur hilang tidak terdeteksi malah tvri jateng yang sering muncul ya walaupun sering hilang tiba”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *