Daftar Televisi Digital Terestrial di Jawa Timur Tahun 2021

Televisi digital terestrial saat ini sedang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, khususnya pemirsa setia televisi. Dengan teknologi terbaru, siaran TV akan semakin baik dalam segi audio maupun videonya. Video yang sebelumnya "bersemut" pun akan menjadi jernih, bahkan bisa memiliki kualitas full HD. Frekuensi yang sebelumnya sangat boros pun bisa dihemat dengan TV digital.

Di Indonesia, siaran televisi digital akan menggantikan siaran analog yang selama ini sudah ada. Rencananya, analog akan dimatikan paling lambat tanggal 2 November 2022. Saat ini sudah banyak televisi yang bersiaran digital di Indonesia.

Jawa Timur, salah satu provinsi di Indonesia dan merupakan provinsi paling timur di pulau Jawa, juga sudah mulai bersiap dengan siaran TV digital ini. Apa saja televisi yang sudah bersiaran digital di Jawa Timur? Berikut ini akan diuraikan datanya secara lengkap dan insyaallah akan selalu update jika terjadi perubahan.

Kementerian Kominfo telah membagi Jawa Timur menjadi sepuluh wilayah layanan. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menkominfo RI No. 6 Tahun 2019. Wilayah layanan tersebut adalah sebagai berikut. Untuk lebih singkatnya, silakan lihat infografis yang berada di bagian bawah artikel ini. Kualitas gambar (HD atau SD) tidak saya sebutkan di sini, karena masih sering berubah.

Jawa Timur 1

(Surabaya dan Sekitarnya)

Wilayah layanan ini terdiri dari Kota Surabaya, Kota/Kabupaten Mojokerto, Kota/Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Bangkalan.

Di wilayah layanan Jatim 1, saat ini ada enam mux TV digital dengan rincian:

  1. Mux Visi Media Asia (VIVA), kanal 23 UHF. Mux ini berisi dua stasiun TV, yaitu Tvone dan Antv.
  2. Mux Media Group, kanal 25 UHF. Mux ini berisi empat stasiun TV, yaitu Metro TV, BBS TV, Magna Channel, dan BN TV.
  3. Mux Transmedia, kanal 27 UHF. Mux ini berisi lima stasiun TV, yaitu Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, dan Kompas TV.
  4. Mux Elang Mahkota Teknologi (Emtek), kanal 29 UHF. Mux ini berisi empat stasiun TV, yaitu SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV.
  5. Mux TVRI Jawa Timur, kanal 35 UHF. Mux ini berisi empat stasiun TV, yaitu TVRI Nasional, TVRI Jawa Timur, TVRI Kanal 3, TVRI Sport, Jawa Pos TV (SBO TV), dan JTV.
  6. Mux Media Nusantara Citra (MNC), kanal 41 UHF. Mux ini berisi empat stasiun TV, yaitu RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews.

Jawa Timur 2

(Malang, Probolinggo, dan Sekitarnya)

Wilayah layanan ini terdiri dari Kota/Kabupaten Malang, Kota/Kabupaten Probolinggo, dan Kota Batu. Meskipun dalam satu wilayah layanan, tetapi stasiun TV yang bisa ditangkap berbeda antara Probolinggo dan Malang-Batu.
Di wilayah ini ada empat mux TV digital yang sudah bersiaran, satu mux di daerah Probolinggo dan tiga mux di daerah Malang dan sekitarnya. Berikut ini rinciannya:
  1. Mux TVRI Jawa Timur, kanal 31 UHF (Probolinggo). Berisi empat stasiun TV, yaitu TVRI Nasional, TVRI Jawa Timur, TVRI Kanal 3, dan TVRI Sport.
  2. Mux Transmedia, kanal 27 UHF (Malang dan Batu). Berisi empat stasiun TV, yaitu Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.
  3. Mux Elang Mahkota Teknologi (Emtek), kanal 29 UHF (Malang dan Batu). Berisi empat stasiun TV, yaitu SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV.
  4. Mux Media Group, kanal 47 UHF (Malang dan Batu). Berisi tiga stasiun TV, yaitu Metro TV, Magna Channel, dan BN TV.

Jawa Timur 3

(Pamekasan dan Sekitarnya)

Wilayah layanan ini terdiri dari Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep.

Di wilayah ini masih satu mux saja yang sudah bersiaran, yaitu mux Media Group, di kanal 39 UHF. Berisi empat stasiun TV, yaitu Metro TV, BBS TV, Magna Channel, dan BN TV.

Jawa Timur 4

(Jember dan Sekitarnya)

Wilayah layanan ini terdiri dari tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Bondowoso.

Ada empat mux yang sudah memperoleh izin bersiaran di wilayah ini, tetapi kabarnya satu mux sedang tidak aktif, yaitu mux TVRI. Jadi, sementara ini masih tiga mux yang aktif. Berikut inilah rinciannya:

  1. Mux Elang Mahkota Teknologi (Emtek), kanal 27 UHF. Ada empat stasiun TV yang mengudara di mux ini, yaitu SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV. 
  2. Mux Media Group, kanal 46 UHF. Ada empat stasiun TV di mux ini, yaitu Metro TV, BBS TV, Magna Channel, dan BN TV.
  3. Mux Transmedia, kanal 48 UHF. Ada empat stasiun TV yang bersiaran di mux ini, yaitu Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.

Jawa Timur 5

(Situbondo dan Sekitarnya)

Wilayah layanan ini terdiri dari satu kabupaten saja, yaitu Kabupaten Situbondo. 

Hingga saat ini masih satu mux yang aktif di wilayah ini, yaitu mux Media Group, kanal 38 UHF. Ada empat stasiun TV yang bersiaran di mux ini, yaitu Metro TV, BBS TV, Magna Channel, dan BN TV.

Jawa Timur 6

(Banyuwangi dan Sekitarnya)

Wilayah layanan ini terdiri dari satu kabupaten saja, yaitu Kabupaten Banyuwangi.

Hingga sekarang, di wilayah ini masih satu mux yang aktif, yaitu mux Media Group, kanal 34 UHF. Ada empat stasiun TV yang bersiaran di mux ini, yaitu Metro TV, BBS TV, Magna Channel, dan BN TV.

Jawa Timur 7

(Kediri dan Sekitarnya)

Wilayah layanan ini terdiri dari beberapa kabupaten/kota, yaitu Kota/Kabupaten Kediri, Kota/Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Tulungagung. 

Hingga saat ini, ada dua mux yang sudah aktif di wilayah ini, yaitu:

  1. Mux Media Group, kanal 47 UHF. Di mux ini ada lima stasiun TV yang bersiaran, yaitu Metro TV, BBS TV, Magna Channel, BN TV, dan Madu TV.
  2. Mux Transmedia, kanal 48 UHF. Di mux ini ada empat stasiun TV, yaitu Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.

Jawa Timur 8

(Tuban dan Sekitarnya)

Wilayah layanan ini terdiri dari dua kabupaten, yaitu Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro.

Ada dua mux yang sudah bersiaran di wilayah ini, yaitu:

  1. Mux TVRI Jawa Timur, kanal 43 UHF. Mux ini berisi empat stasiun TV, yaitu TVRI Nasional, TVRI Kawa Timur, TVRI Kanal 3, dan TVRI Sport.
  2. Mux Media Group, kanal 47 UHF. Ada empat stasiun TV yang bersiaran di mux ini, yaitu Metro TV, BBS TV, Magna Channel, dan BN TV.

Jawa Timur 9

(Madiun dan Sekitarnya)

Wilayah ini terdiri dari beberapa kabupaten/kota, yaitu Kota/Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.

Saat ini ada empat mux yang sudah aktif di wilayah ini, yaitu:

  1. Mux Elang Mahkota Teknologi (Emtek), kanal 24 UHF. Mux ini berisi empat stasiun TV, yaitu SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV.
  2. Mux Transmedia, kanal 30 UHF. Mux inj berisi empat stasiun TV, yaitu Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.
  3. Mux Media Group, kanal 34 UHF. Mux ini terdiri dari lima stasiun TV, yaitu Metro TV, BBS TV, Magna Channel, BN TV, dan Sakti TV.
  4. Mux TVRI, kanal 43 UHF. Mux ini baru berisi satu stasiun TV, yaitu TVRI Nasional.
Untuk informasi selengkapnya tentang daftar TV digital Jatim 9 silakan baca artikel "Daftar Televisi Digital di Madiun, Magetan, Ponorogo, dan Ngawi".

Jawa Timur 10

(Pacitan dan Sekitarnya)

Wilayah ini terdiri dari satu kabupaten, yaitu Kabupaten Pacitan. Hingga sekarang, di wilayah ini masih satu mux yang aktif, yaitu mux Media Group, kanal 39 UHF. Ada empat stasiun TV yang bersiaran di mux ini, yaitu Metro TV, BBS TV, Magna Channel, dan BN TV.

Nah, berikut ini adalah infografis daftar siaran TV digital terestrial di seluruh wilayah Jawa Timur.

Daftar TV Digital di Provinsi Jawa Timur

Demikianlah artikel tentang daftar TV digital terestrial di Jawa Timur. Artikel ini bersumber dari berbagai rujukan dan bukanlah artikel yang sempurna. Daftar di atas bisa dikatakan masih belum akurat. Mungkin ada perbedaan siaran TV digital di daerah Anda. Jika ada perbedaan di daerah Anda, sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dari artikel ini dan terima kasih telah berkunjung.

Related Posts

18 komentar

  1. Itu beneran d probolinggo cuma tvri saja? Mnc grup kok g ada ya d semuanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya baru TVRI, tapi sepertinya untuk daerah Probolinggo bisa dicoba ambil dari arah Surabaya. Oh iya, MNC sampai sekarang belum ada di Jatim. Tunggu saja, pasti akan mengudara nantinya.

      Hapus
  2. Yg bisa terpantau dgn baik dari Purwosari-Pasuruan masih pada Kanal 23, kanal 25 & kanal 35...

    Untuk kanal 27 & kanal 29 msih belum tertangkap Sinyal frekwensinya atau msih blm mengudara...

    BalasHapus
  3. Kira Kira MNC Group kapan bisa mengudara Min?

    BalasHapus
  4. Infonya kurang tepat, sampai saat ini emtek group SCTV, INDOSIAR TV, O CHANNEL, MENTARI TV belum siaran digital terestrial di Surabaya sekitarnya ( Wil Jawa Timur 1 )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tepat bagaimana? Emtek saat ini sudah bersiaran di Surabaya kok. Coba gabung di Grup Komunitas TV Digital di Facebook.

      Mungkin di tempat Anda belum bisa menangkap sinyalnya, karena power Emtek masih kecil. Coba diganti kualitas antena, booster, dan kabelnya. Jangan lupa taruh antenanya lebih tinggi dari sebelumnya.

      Hapus
    2. Surabaya itu adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Timur. Untuk dapat bersiaran di Jawa Timur, suatu mux juga harus sudah bersiaran di Surabaya. Emtek saat ini sudah bersiaran di beberapa wilayah di Jawa Timur, jadi di Surabaya juga sudah bersiaran. (Kalau salah mohon dikoreksi)

      Hapus
  5. Kompas TV untuk saat ini berhenti bersiaran (off air) di wilayah Jatim, kecuali Surabaya.

    BalasHapus
  6. Saya tinggal d nganjuk,siaran digital yang masuk TRANS TV,TRANS 7,CNN,CNNB,TVRI,KOMPAS TV ( tp beberapa hari terakhir gak ada sinyal)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba discan ulang otomatis. Kemarin sempat blank hitam untuk Transmedia dan mungkin Kompas TV bakalan hilang (kalau nggak ngambil dari Surabaya).

      Oh iya, wilayah Nganjuk ada yg bisa ambil dari Kediri, Magetan, bahkan Surabaya. Tergantung lokasinya.

      Hapus
    2. Mantap lah..saya juga dari Nganjuk dan baru mau pasang STB,semoga dapat saluran banyak..edisi "Menyenangkan Orang Tua"..

      Hapus
  7. Saya di kediri kok cuma dapat kanal 48....gmana cara scan kanal 47...

    BalasHapus
  8. Mohon bagi yang akan berkomentar di sini agar membagikan profilnya ke publik agar tidak tertulis "Unknown". Jika tidak dibagikan ke publik, komentar akan langsung saya hapus. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Surabaya utara apa sudah tercover, perlu tinggi antena berapa meter ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti sudah bisa, yang di luar Surabaya saja sudah ada yg bisa nangkap sinyal TV digital dari Surabaya. Untuk ketinggian antena berbeda-beda tiap daerah. Bisa dicoba dan dipraktikkan sendiri. Saran saya, pakai antena outdoor dan kabel yang bagus.

      Hapus
  10. Maaf mind, di mojokerto tepatny di bangsal ko masi no signal ya?? Pdhal TV uda supoort digital dan antena jg pake antena digital.. apa ada masukan mind?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antena digitalnya model apa ya? Setahu saya, antena UHF itu sama saja. Nggak ada yg namanya antena digital atau antena analog.

      Coba pakai antena outdoor dan kabel yang bagus (contohnya merk Kitani), tambahkan booster bila perlu.

      Karena saya tidak tahu daerah Anda seperti apa, mungkin hanya itu yg bisa saya sarankan.

      Hapus

Posting Komentar