Daftar TV Digital di Provinsi Jawa Timur

Pelan tapi pasti negara-negara di seluruh dunia saat ini sedang melakukan migrasi siaran televisi dari TV analog ke TV digital. Beberapa negara sudah sepenuhnya beralih ke digital, seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan sebagainya. Peralihan menuju digital ini salah satunya bertujuan untuk menghemat frekuensi. Seperti yang diketahui, frekuensi adalah sumber daya alam terbatas yang harus dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Pada masa depan frekuensi sisa penyiaran televisi analog akan dipakai untuk teknologi telekomunikasi yang lain, misalnya teknologi 5G.

Di Indonesia, siaran televisi analog akan dimatikan paling lambat tanggal 2 November 2022. Hingga saat ini sudah banyak televisi yang bersiaran digital di Indonesia. Pemerintah telah menetapkan lima tahap ASO (analog switch off). Tahap pertama dimulai pada 30 April 2022 dan tahap terakhir pada 2 November 2022.

Jawa Timur, provinsi paling timur pulau Jawa, juga sudah mulai bersiap dengan siaran TV digital ini. Kementerian Kominfo telah membagi Jawa Timur menjadi sepuluh wilayah layanan dengan jadwal ASO-nya masing-masing. Hal ini tertuang dalam Permenkominfo No. 6/2019 dan Permenkominfo No. 11/2021.

Daftar TV Digital di Jawa Timur

A. Jatim 1 (Surabaya dan Sekitarnya)

Kota dan Kabupaten yang termasuk dalam wilayah layanan Jatim 1 adalah Surabaya, Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, Jombang, Lamongan, Gresik, dan Bangkalan. ASO di wilayah ini akan dilaksanakan pada tahap 2, yaitu 25 Agustus 2022. Televisi yang sudah bersiaran digital di Surabaya dan sekitarnya antara lain;

  1. 23 UHF: ANTV, dan tvOne.
  2. 25 UHF: Metro TV, Magna Channel, BN TV, BBS TV, Madu TV, Jawa Pos TV, dan TV9 Nusantara.
  3. 27 UHF: Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, dan Kompas TV.
  4. 29 UHF: SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV.
  5. 35 UHF: TVRI Nasional, TVRI Jawa Timur, TVRI Kanal 3, dan TVRI Sport.
  6. 41 UHF: RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews.

B. Jatim 2 (Malang dan Sekitarnya)

Wilayah layanan Jatim 2 terdiri dari tiga daerah yaitu Malang, Batu, dan Probolinggo. ASO di wilayah ini masuk tahap 3, yaitu pada 2 November 2022. Televisi yang sudah bersiaran digital di Malang dan sekitarnya antara lain;

  1. 27 UHF: Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.
  2. 29 UHF: SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV.
  3. 31 UHF: TVRI Nasional, TVRI Jawa Timur, TVRI Kanal 3, dan TVRI Sport.
  4. 43 UHF: RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews.
  5. 47 UHF: Metro TV, Magna Channel, dan BN TV.

C. Jatim 3 (Pamekasan dan Sekitarnya)

Daerah yang termasuk ke dalam wilayah layanan Jawa Timur 3 adalah Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Wilayah layanan ini akan melakukan ASO pada tahap 1, yaitu pada 30 April 2022. Stasiun televisi yang sudah bersiaran digital di wilayah ini yaitu Metro TV, Magna Channel, BN TV, dan BBS TV di kanal 39 UHF.

Baca Pula:  Daftar TV Digital di Madiun dan Sekitarnya

D. Jatim 4 (Jember dan Sekitarnya)

Wilayah layanan jatim 4 terdiri dari daerah Jember, Bondowoso, dan Lumajang. Pemerintah menetapkan ASO pada tahap 1 di wilayah ini, yaitu pada 30 April 2022. Televisi yang sudah bersiaran digital di wilayah ini antara lain;

  1. 27 UHF: SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV.
  2. 29 UHF: TVRI Nasional, TVRI Jawa Timur, TVRI Kanal 3, dan TVRI Sport.
  3. 41 UHF: RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews.
  4. 46 UHF: Metro TV, Magna Channel, BN TV, dan BBS TV.
  5. 48 UHF: Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.

E. Jatim 5 (Situbondo dan Sekitarnya)

Kabupaten Situbondo termasuk ke dalam Wilayah Layanan Jatim 5. Wilayah ini akan melakukan ASO pada tahap 1, yaitu 30 April 2022. Stasiun televisi yang sudah bersiaran digital di sini yaitu Metro TV, Magna Channel, BN TV, dan BBS TV di kanal 38 UHF.

F. Jatim 6 (Banyuwangi dan Sekitarnya)

Kabupaten Banyuwangi termasuk ke dalam wilayah layanan Jatim 6. Wilayah ini akan melakukan ASO pada tahap 1, yaitu tanggal 30 April 2022. Stasiun televisi yang sudah bersiaran digital di daerah ini yaitu Metro TV, Magna Channel, BN TV, dan BBS TV di kanal 34 UHF.

G. Jatim 7 (Kediri dan Sekitarnya)

Kabupaten dan kota yang termasuk ke dalam wilayah layanan Jatim 7 adalah Kediri, Blitar, Tulungagung, dan Nganjuk. Wilayah ini dijadwalkan melakukan ASO pada tahap 3, yaitu 2 November 2022. Televisi yang sudah bersiaran digital di wilayah ini antara lain;

  1. 39 UHF: TVRI Nasional, TVRI Jawa Timur, TVRI Kanal 3, dan TVRI Sport.
  2. 47 UHF: Metro TV, Magna Channel, BN TV, BBS TV, dan Madu TV.
  3. 48 UHF: Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.

H. Jatim 8 (Tuban dan Sekitarnya)

Kabupaten Tuban dan Bojonegoro termasuk ke dalam wilayah layanan Jatim 8. Wilayah ini akan melakukan ASO pada tahap 3 atau tanggal 2 November 2022. Televisi yang sudah bersiaran digital di sini antara lain;

  1. 43 UHF: TVRI Nasional, TVRI Jawa Timur, TVRI Kanal 3, dan TVRI Sport.
  2. 47 UHF: Metro TV, Magna Channel, BN TV, dan BBS TV.

I. Jatim 9 (Madiun dan Sekitarnya)

Kabupaten dan kota yang termasuk ke dalam wilayah layanan Jatim 9 yaitu Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Trenggalek. Wilayah ini akan melakukan ASO pada tahap 3 atau tanggal 2 November 2022. Televisi yang sudah bersiaran digital di sini antara lain;

  1. 24 UHF: SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV.
  2. 30 UHF: Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.
  3. 34 UHF: Metro TV, Magna Channel, BN TV, BBS TV, dan Sakti TV.
  4. 40 UHF: RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews.
  5. 43 UHF: TVRI Nasional, TVRI Jawa Timur, TVRI Kanal 3, dan TVRI Sport HD,

📝Catatan: Di wilayah Jatim 9 ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama, siaran TVRI Nasional tidak bisa diterima dengan baik di daerah Ngawi yang terhalang gunung Lawu. Karena pemancar yang dipakai masih satu, yaitu di daerah Cemoro Sewu. Kedua, frekuensi Transmedia mengalami interferensi dengan frekuensi TVRI Blora. Sehingga di beberapa daerah, terutama bagian utara, tidak bisa menyaksikan siaran Transmedia. Selengkapnya silakan klik tautan ini.

J. Jatim 10 (Pacitan dan Sekitarnya)

Kabupaten Pacitan termasuk ke dalam wilayah layanan Jatim 10. Wilayah ini akan melakukan ASO pada tahap 1, yaitu pada 30 April 2022. Televisi yang sudah bersiaran digital di wilayah ini yaitu Metro TV, Magna Channel, BN TV, dan BBS TV di kanal 39 UHF.

Baca Pula:  Mengatasi Kuota Kunci API YouTube Terlampaui di STB

Daftar Penyelenggara Multipleksing (Mux) di Jawa Timur

Penyelenggara multipleksing (mux) di Jawa Timur ada enam lembaga penyiaran. Lima di antaranya adalah lembaga penyiaran swasta (LPS) dan satu lagi adalah lembaga penyiaran publik (LPP). Berikut keenam lembaga tersebut:

  1. LPP Televisi Republik Indonesia/TVRI — Telah aktif di 6 wilayah layanan.
  2. PT Global Informasi Bermutu/GTV (MNC Group) — Telah aktif di 4 wilayah layanan.
  3. PT Surya Citra Televisi/SCTV (Grup Emtek) — Telah aktif di 4 wilayah layanan.
  4. PT Televisi Transformasi Indonesia/Trans TV (Transmedia) — Telah aktif di 5 wilayah layanan.
  5. PT Media Televisi Indonesia/Metro TV (Media Group) — Telah aktif di seluruh wilayah layanan.
  6. PT Cakrawala Andalas Televisi/ANTV (VIVA Group) — Telah aktif di 1 wilayah layanan.

Jadwal Penghentian Siaran Analog (ASO) di Jawa Timur

Jadwal ASO (analog switch off) ini berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 11 Tahun 2021. Berikut ini tahapan penghentian siaran analog di Provinsi Jawa Timur:

  • 30 April 2022: Pamekasan, Sampang, Sumenep, Situbondo, Banyuwangi, Pacitan, Jember, Bondowoso, dan Lumajang.
  • 25 Agustus 2022: Surabaya, Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, Jombang, Lamongan, Gresik, dan Bangkalan.
  • 2 November 2022: Malang, Batu, Probolinggo, Kediri, Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Tuban, Bojonegoro, Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Trenggalek.

Infografik TV Digital di Jawa Timur

Untuk lebih jelasnya mengenai frekuensi masing-masing mux serta jadwal ASO per wilayah layanan silakan simak infografik berikut ini.

Demikianlah artikel tentang daftar TV digital di Jawa Timur. Data di atas terakhir kali diperbarui tanggal 2 September 2021. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar di bawah. Terima kasih.

96 komentar untuk “Daftar TV Digital di Provinsi Jawa Timur”

  1. Admin, tolong tanya..
    Saya lokasi di Sidoarjo (area 1 jatim), semua channel yg tertulis di atas bisa ditangkap di rumah saya kecuali yg 35 UHF TVRI.. Tapi ketika antena outdoor diputar 180 derajat arahnya, maka TVRI bisa ditangkap tapi yg lainnya malah hilang.. Apakah ini artinya antena pemancar milik TVRI posisinya berseberangan dengan yg lain ya?
    Lalu apakah ada solusinya supaya bisa menangkap TVRI tanpa harus mengubah2 arah antena?

    Makasih sebelumnya ya admin..

    1. Setahu saya semua pemancar TV di Jatim 1 ada di Surabaya. Hanya saja untuk TVRI memang berbeda lokasinya. Tapi tetap di Surabaya. Saat ini TVRI Surabaya masih belum maksimal, jadi belum luas jangkauannya. Mungkin yang tertangkap itu dari wilayah lain. Bisa dicek frekuensinya, kalau bukan 35 UHF berarti dari daerah lainnya.

      Mengenai solusi agar bisa menangkap semua tanpa mengubah antena, saran saya tunggu saja sampai ASO, semoga bisa ditambah powernya atau pindah ke pemancar yang berlokasi sama dengan TV swasta. Atau kalau memang butuh sekarang, bisa pakai dua antena dengan dua arah yang berbeda.

    1. JTV memang sudah berakhir masa percobaannya di mux Media Group, saat ini diganti TV9. Masih belum tahu nantinya akan berada di mux apa. Semoga saja cepat kembali ke digital.

  2. MUHAMMAD ALDIANSYAH

    Kapan ya, Sakti TV Madiun menyusul di Surabaya, kalau menyusul di Surabaya, pas to mantap dah.

    1. Cari otomatis dahulu. Kalau masih belum dapat bisa dicoba manual. Tapi untuk RCTI dkk sampai saat ini masih belum optimal di Malang.

  3. Utk kecamatan sambikerep surabaya mux TVRI, Net tv, Rtv blm bisa nangkap siaran digitalnya nih padahal dilokasi sby yg lain bs tolong pencerahaannya terima kasih

    1. NET dan RTV memang belum ada di TV digital Surabaya. Sedangkan mengenai mux TVRI memang belum luas jangkauannya karena masih pakai tower yang pendek di Jl. Mayjen Sungkono.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *